Laman

Sabtu, 24 April 2010

Internet Masuk Desa , Bisnis Marketing Makin Mudah.

Program internet masuk desa itu dilakukan pemerintah yang ditangani Kominfo dengan mengenakan iuran kepada provider, seperti Indosat, Telkom, dan juga lainnya sebesar satu persen yang disebut universal service obligator (USO) dari keuntungan pada tahun 2010.

Memasarkan barang atau jasa lewat internet, itulah inti dari internet marketing.

Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju. (Sumber: id.wikipedia.org).

Kalau dihubungkan dengan media untuk menyampaikan pesan pemasaran tersebut maka salah satu yang dahsyat adalah internet.

semoga saja dengan adanya program ini akan makin memudahkan masyarakat di desa untuk bisa beralih dari bisnis dunia nyata ke bisnis online alam maya yang tiada batas...

0 komentar:

Posting Komentar